PT INKA atau PT Industri Kereta Api Indonesia merupakan
sebuah
Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) yang berdiri pada 19 Agustus
1981.
PT
INKA ini merupakan sebuah industri besar revolusi dari Industri
pengembang Balai Yasa Lokomotif Uap yang dimiliki oleh PJKA (sekarang PT Kereta
Api). Balai yasa ini berlokasi di
Madiun. Semenjak lokomotif
uap sudah tidak dioperasikan lagi, maka balai yasa ini dialihfungsikan menjadi
pabrik kereta api. Penentuan lokasi dan pendirian pabrik kereta ini berdasarkan
hasil studi dari BPPT.
Gagasan untuk mendirikan INKA di Indonesia
merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam rangka menanggulangi dan
memenuhi kebutuhan jasa angkutan kereta api di Indonesia yang terus menaik.
Perusahaan Jasa Kereta Api (PJKA) sejak tahun 1977 telah merintis dan
mengadakan penjajagan secara intensif akan kemungkinan – kemungkinan untuk
memproduksi sendiri gerbong dan kereta penumpang di Balai Yasa PJKA Madiun,
yang kemudian direalisasikan dengan pembuatan ablepe-prototipe beberapa jenis
gerbong dan kereta penumpang dan pembuatan 20 buah gerbong GW.Secara kronologis
proses pedirian PT (Persero) INKA dapat diuraikan sebagai berikut:
Pada tanggal 28 Nopember 1979, Menteri Perhubungan dan
Menteri Ristek mengadakan peninjauan ke Balai Yasa PJKA Madiun. Hasil
peninjuan ini diputuskan untuk mengakselerasi pendirian Industri Kereta Api.
Pada tanggal 11 Desember 1979, diadakan rapat antara wakil-wakil dari
Departemen Perhubungan, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan
departemen Perindustrian. Hasil rapat menetapkan dasar kebijaksanaan pendirian
suatu PT (Persero) Manufacturing Perkeretaapian.
Dengan SK Menteri Perhubungan No. 32/OT.001/Phb/80 tanggal
27 Pebruari 1980 dibentuk Panitia Persiapan Pembentukan Persero Pabrik Kereta
Api Madiun.
Anggota Panitia terdiri dari wakil-wakil:
- Departemen
Perhubungan
- BPPT
- Departemen
Perindustrian
- Departemen
Keuangan
- Sekretaris
Kabinet
- Menteri
Aparatur Negara
Kondisi Awal
Kondisi awal pada pendirian PT INKA
adalah penggunaan pengalihan segala fasilitas dan able yang ada di Balai Yasa PJKA Madiun yang
didirikan pada tahun 1884 (bertugas dalam pemeliharaan lokomotif uap) dan
gudang PJKA Madiun sebagai fasilitas dasar untuk kegiatan PT INKA.
PT INKA sebagai Industri yang
merupakan Badan Usaha Milik Negara berkembang Pesat hingga saat ini. diawali
pada tahun 1981 dengan produk berupa lokomotif bertenaga uap kini menjadi
industri manufaktur perkeretaapian yang modern. Aktivitas bisnis INKA yang ada
kini berkembang mulai dari penghasil produk dasar menjadi penghasil produk dan
jasa perkeretaapian dan transportasi yang bernilai tinggi. Transformasi bisnis
yang dilakukan perusahaan mampu memberikan keberhasilan dan mendapatkan solusi
terbaik untuk perbaikan transportasi kereta api. Dalam persaingan global, PT
INKA mengembangkan berbagai jenis produk di bawah kendali sistem manajemen mutu
ISO 9001 dan kemitraan global.
Melalui perbaikan dan pembaharuan yang dilakukan secara berkesinambungan
sebagai upaya beradaptasi terhadap persaingan global, PT INKA memasuki dunia
bisnis ini dengan mengedepankan nilai-nilai :integritas, profesional dan
kualitas. Dalam menghadapi tantangan dunia bisnis ke depan, PT INKA tidak hanya bergelut
dalam produk-produk perkeretaapian, namun menghasilkan produk lain yang lebih
luas yang mampu memberikan kontribusi terhadap permintaan infrastruktur dan
sarana transportasi.
PT INKA melakukan joint
venture dengan General Electric dalam memproduksi lokomotif. Selain untuk
kebutuhan dalam negeri, produksi juga ditujukan untuk ekspor terutama ke Malaysia.
Produk
PT INKA :
- 1982 - Pertama produksi gerbong
barang.
- 1985 - Pertama produksi kereta
penumpang.
- 1987 - Pertama perakitan railcar
listrik & diversifikasi produk.
- 1991 - Pertama gerobak angkutan
ekspor ke Malaysia (KTMB).
- 1994 - Pertama produksi railcar
listrik VVVF.
- 1995 - Pertama peluncuran kereta
api Argo Bromo.
- 1996 - Pertama produksi lokomotif
(GE Lokindo) & ekspor ke Filipina.
- 1997 - Peluncuran Pertama kereta Argo Bromo Anggrek (leasing
Skema).
- 1998 - Pertama ekspor Ballast Hopper
Wagon ke Thailand.
- 2001 - Pertama peluncuran Listrik
Railcar Indonesia (INKA desain).
- 2002 - Ekspor Pembangkit Listrik
Wagon Mobil dan Bogie Reefer Flat ke Malaysia.
- 2004 - Ekspor Container Wagon
tubuh & Blizzard Center kusen ke Australia.
- 2006 - Ekspor 50 unit BG
Kendaraan untuk Bangladesh.
- 2007 - Kontrak ditandatangani 1
trainset DEMU untuk Aceh dan Railbus untuk Palembang (Bus rel Kertalaya).
Selesai Bagasi Mobil.
- 2008 - Peluncuran Pertama di
Indonesia, Bus Rail KRDI (untuk Aceh & Jawa).
- 2009 - Rangkaian Baru Kereta api
Gajayana dengan model mirip dengan Pesawat Terbang.
- 2010 - Peluncuran produksi kereta
ekonomi AC Bogowonto (Kereta api Bogowonto),5 lokomotif (CC204)& NEW
Rangkaian Kereta api Argo Jati yang berbentuk mirip dengan Rangkaian KA
Gajayana yang baru.
- 2011 - Produksi Railbus untuk Solo
dan kereta ekonomi AC GajahWong (Kereta
api Gajah Wong)
- 2012 - Produksi beberapa kereta
ekonomi dengan AC split, 3 lokomotif CC300, railbus untuk kota Padang dan
KRL KFW.
- 2013 - 18 unit Articulated Bus
untuk armada Transjakarta.
Selain itu, PT INKA juga merintis pembuatan mobil
nasional yang dinamakan GEA (singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif) dan
prototipenya telah dibuat 2008. Pada edisi 2009, GEA telah menggunakan mesin
yang dikembangkan BPPT, Rusnas, setelah sebelumnya menggunakan mesin dari Cina.
Prototipe tahun 2009 hanya menggunakan satu komponen (karburator) yang diimpor
dari luar negeri. PT INKA juga ditunjuk sebagai
anggota konsorsium yang dipimpin oleh PT
Adhi Karya. Konsorsium ini merupakan konsorsium para Badan Usaha Milik
Negara yang direncanakan akan menggarap monorel di Jakarta.
Visi & Misi
FALSAFAH PERUSAHAAN PT INKA
Profesional yang Bekerja Berlandaskan Iman dan Takwa, Menghargai Orang Lain
dan Bersahabat, Menjunjung Tinggi Kejujuran, Memiliki Daya Saing Berkelanjutan,
serta Menghasilkan Nilai Tambah Pada Lingkungan
VISI
Menjadi Perusahaan kelas dunia yang unggul di bidang transportasi kereta api
dan perkotaan di Indonesia.
MISI PT INKA
Menciptakan solusi terpadu untuk transportasi kereta api dan perkotaan
dengan keunggulan kompetitif bisnis dan teknologi produk yang tepat guna
mendorong pembangunan transportasi yang berkelanjutan.
Nilai-Nilai
MOTO PT INKA I’M PRO
Integritas
Satunya kata,pikiran dan perbuatan dengan tetap berlandaskan pada
kepentingan perusahaan
Mutu
Mampu memberikan kinerja lebih dari standar
Profesional
Mampu memberikan hasil pekerjaan sesuai dengan kualitas dibidang tertentu
dengan keahliannya yang sesuai dengan tuntutan bidang tersebut
Nilai – Nilai Perusahaan INKA:
1. TUMBUH DAN BERKEMBANG
Mampu memberikan nilai tambah perusahaan secara berkelanjutan dan
selalu berusaha menjadi lebih baik dibandingkan kondisi hari ini
2. MUTU
Mampu memberikan kinerja lebih dari standard
3. BELAJAR BERKELANJUTAN
Mampu meningkatkan wawasan, ilmu dan keterampilan dirinya secara
berkelanjutan berdasarkan tuntutan yang sedang terjadi
4. INTEGRITAS
Satunya kata, pikiran, perasaan dan perbuatan dengan tetapberlandaskan pada
kepentingan perusahaan
5. PROFESIONAL
Mampu memberikan hasil pekerjaan sesuai dengan kualitas di bidang tertentu
dengan keahlian yang sesuai dengan tuntutan bidang tersebut
6 KEMITRAAN
Kemampuan dalam membangun hubungan tertentu dengan beberapa pihak sehingga
dirasakan manfaatnya.
|
PT INKA |
|
PT INKA |
|
PT INKA |
|
PT INKA |
|
PT INKA |
Itulah sedikit informasi tentang salah satu industri kebanggaan Indonesia
yang ada di Kota Madiun. PT
INKA memang satu-satunya penghasil infratstruktur sarana transportasi kereta api. Dan semoga saja
industri ini tetap berkembang hingga akhirnya berjaya dan takan lekang oleh
waktu.